Promosi media sosial merupakan cara yang saat ini dinilai ampuh untuk dilakukan. Terdapat 12 platform media sosial yang digunakan di Indonesia. Media sosial sekarang ini memberikan dampak yang signifikan pada berbagai bidang bisnis dan tentunya ini menjadi langkah utama dalam menyukseskan digital marketing pada suatu bisnis. Mulai dari meningkatkan popularitas brand kepada para audiences, mendapatkan pelanggan dengan mudah hingga meningkatkan pengunjung website dan mendapatkan pencapaian peringkat tertinggi pada search engine.

Hal penting lain yang bisa didapatkan dari manfaat digital marketing adalah suatu brand dapat mempertahankan hubungan baik antara brand dengan audience. Sebab, sangat terbukti bahwa pelanggan yang diberikan pelayanan terus menerus meskipun dari jarak jauh tetap bisa mendapatkan kepuasan dari pelayanan tersebut. Jadi apabila membutuhkan jasa mengelola media sosial dan pengelolaan untuk bisnis secara digital, Anda bisa langsung menghubungi Ideoworks dan langsung bisa bekerjasama dalam membangun bisnis yang lebih baik lagi dalam era digital seperti sekarang ini.

Selanjutnya, perhatikan tips bagaimana caranya agar Anda dapat mengelola bisnis online Anda secara baik dan benar sehingga dapat bersaing di era digital ini. 

digital marketing

1. Riset target pasar yang utama

Pertama, Anda harus melakukan riset pada lingkungan di sekitar bisnis Anda mulai dari media sosial seperti Instagram yang tentu cocok dengan target pasar dengan usia muda dan dengan bisnis model B2C (Business to Customer). Namun, apabila target pasarnya adalah kalangan profesional dengan model bisnis B2B (Business to Business) maka Facebook dan Linkedin bisa menjadi lahan yang tepat untuk melakukan promosi. 

2. Buatkan tujuan utama bisnis

Saat pertama mulai memasarkan melalui media sosial, mungkin Anda akan dihadapkan dengan kebingungan sementara dalam menentukan tujuan. Perlu diketahui bahwa Penetapan strategi dan tujuan bisa dilakukan dengan cara mencari calon customer, membangun hubungan erat dengan customer, hingga meningkatkan website traffic atau juga bisa meningkatkan brand awareness.

Dengan memiliki tujuan yang jelas maka Anda akan mempermudah pengembangan bisnis. Sebagai contoh, Anda telah menetapkan tujuan pemasaran dengan cara meningkatkan brand awareness sehingga saat melakukan hal tersebut berarti Anda harus membuat konten yang dapat menunjukkan brand yang Anda miliki.

3.     Analisa pada competitor brand Anda

Pada masa kini Anda bukanlah satu-satunya yang menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran, begitu juga dengan competitor Anda. Kemudian dengan begitu Anda bisa melakukan riset mengenai promosi yang digunakan dan strategi apa yang dijalankan oleh competitor Anda.

Analisis dapat Anda lakukan mulai dari keyword yang digunakan, seperti hashtag hingga konsep yang digunakan untuk promosi. Perlu diketahui  juga bahwa menganalisa bukan berarti mencuri ide kompetitor. Ada banyak tools yang dapat Anda gunakan untuk mencari tahu hal seperti ini.

Setelah Anda mengetahui strategi yang digunakan oleh kompetitor Anda bisa, selanjutnya Anda harus mengusahakan social media marketing Anda semaksimal mungkin agar lebih baik, atau bahkan lebih unggul lagi dari kompetitor.

4.     Konten yang relevan dan menarik dapat menarik audience yang tepat

Memiliki tujuan yang jelas maka langkah selanjutnya adalah membuat konten yang relevan dan juga menarik sehingga tujuan untuk meningkatkan performa media sosial pada brand yang Anda miliki. Anda juga perlu memperhatikan mengenai topik yang sesuai dengan target pasar, buatlah konten yang sesuai dengan tujuan promosi, tidak perlu terlalu berlebihan, jangan terlalu sering posting, dan buatlah konten yang dapat menjawab kebutuhan target klien.

5.     Menentukan dan memanfaatkan momentum untuk posting

Hal penting lain yang perlu diperhatikan juga yaitu waktu posting yang tepat. Apabila terlalu sering posting tentu akan membuat calon customer merasa bosan, tetapi dengan memberikan jarak pada waktu postingan, maka melakukan posting dengan jarak yang terlalu lama juga bisa berdampak buruk, seperti customer yang mulai tidak percaya dengan bisnis Anda.

Bahkan akan lebih baik lagi jika Anda melakukan posting pada media sosial Anda minimal 3 hingga 4 kali setiap minggunya.

 Demikian berbagai tips yang bisa meningkatkan performa media sosial Anda terutama pada bidang marketing bisnis Anda. Kunci utama dalam hal ini adalah memahami trend yang sedang berlangsung di kalangan masyarakat luas, terutama trend pada target pasar bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *