Dilansir dari kompas.com, sebanyak 60-70% polusi udara di Indonesia berasal dari kendaraan bermotor. Udara yang tidak bersih lagi tentu saja membuat kota-kota besar di Indonesia menjadi kurang nyaman dan lebih penas. Sebagai contoh Jakarta yang sangat penuh dengan kendaraan motor yang mengakibatkan polusi. Motor listrik dari Alva Auto atau Alva bisa menjadi pertimbangan untuk membantu mengurangi polusi di dunia.

Motor listrik sendiri merupakan kendaraan roda dua yang beroperasi dengan cara mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Karena itu, emisi yang dikeluarkan nol sehingga polusi pun bisa diminimalisir. Sudah ada beberapa brand motor listrik ramah lingkungan yang bisa Anda temukan di Indonesia. Salah satunya yaitu brand satu ini. Untuk mengenal lebih jauh, simak pembahasan berikut:

Mengenal Brand

Alva adalah brand motor lokal asli Indonesia yang berada di bawah naungan perusahaan besar yaitu PT. Ilectra Motor Group atau IMG. Sedangkan IMG sendiri adalah anak perusahaan dari PT. Indika Energy Tbk yang sudah beroperasi sejak 2004 lalu. PT. Indika Energy memiliki bidang pertambangan, perdagangan konstruksi, transportasi, dan jasa lainnya.

IMG yang menjadi induk dari brand ini merupakan hasil dari PT. Indika Energy, Horizons Ventures, dan juga Alpha JWC. Ekspansi bisnis yang dilakukan di bidang kendaraan bermotor menghasilkan brand yang mulai dipasarkan pada tahun 2022. 

Kendaraan yang dijual oleh perusahaan ini bukan kendaraan biasa. Namun kendaraan bermotor berbasis energi terbarukan yaitu motor listrik. Hadirnya kendaraan ini bertujuan untuk membantu mengurangi polusi di dunia yang semakin banyak akibat kendaraan bermotor biasa. Saat ini baru ada satu motor yang dirilis, namun kedepannya akan ada lebih banyak lagi motor-motor yang ditawarkan pada masyarakat.

Alva Auto
Alva Auto

Mengenal Motor Listrik Pertama

Motor listrik pertama yang rilis diberi nama Alva One. Pertama kali diperkenalkan kepada publik pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Karena memiliki penampilan yang menarik, banyak pengunjung pameran yang tertarik datang ke stan untuk melihat varian One ini. 

Berikut ini adalah sedikit spesifikasi mengenai motor listrik pertama satu ini:

  • Performa

Motor listrik ini menggunakan hub drive motor sehingga rodanya bergerak tanpa transfer daya. Perusahaan mengklaim motor mampu menghasilkan daya 5,7 daya kuda dan torsi 46 Nm. 

  1. Baterai

Beralih ke segi baterai, motor ini dibekali dengan baterai lithium 60 volt 45 Ah. Baterai tersebut memiliki bobot mencapai 18 kilogram dan menggunakan pelindung layar IP65. Hanya butuh sekitar 4 jam saja untuk mengisi daya minimum 1.300 kWh. 

  • Desain

Ketika melihat desainnya, Anda mungkin teringat dengan desain motor-motor dari luar negeri. Namun motor ini asli buatan Indonesia dan memang mengadopsi beberapa desain dari luar negeri. Kedepannya, teknologi yang digunakan juga akan dikembangkan di dalam negeri. 

  • Fitur unggul lain

Fitur unggul yang pertama yaitu adanya rem cakram dengan combi brake system sehingga berkendara semakin aman. Selain itu, keamanan juga ditingkatkan dengan side stand safety. Dengan keamanan tersebut, Anda tidak bisa menghidupkan motor ketika side stand ditegakkan.

Cara Membeli Motor Listrik

Tertarik memiliki motor listrik ini? Anda bisa mendapatkannya apabila melakukan pre order melalui website resmi. Pilih menu pre order lalu ikuti instruksi yang ada. Meskipun pembelian dilakukan secara pre order, namun Anda tetap bisa melakukan test ride dengan book test ride di websitenya.

Itulah pembahasan mengenai motor listrik dari brand Alva Auto yang ramai diperbincangkan. Saat ini memang baru ada satu motor yang diperkenalkan, namun akan selalu ada inovasi-inovasi terbaru untuk memenuhi semua kebutuhan Anda. Selengkapnya mengenai brand ini bisa dilihat pada website resminya yaitu www.alvaauto.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *