Berencana untuk membangun sebuah bangunan, seperti rumah, kos-kosan, dan lainnya? Pertama-tama, Anda harus mengenali terlebih dahulu apa saja bahan mentah untuk bangunan yang harus Anda persiapkan. Pertama-tama, Anda harus menyusun list terlebih dahulu, dan jumlah sesuai dengan kebutuhan.

Untuk mengetahui jumlah kebutuhan untuk masing-masing bahan mentah bangunan, Anda juga harus melibatkan kontraktor yang Anda percaya.

Apa Saja Bahan Mentah untuk Bangunan?

Ada beberapa bahan mentah yang harus Anda persiapkan. Untuk membantu Anda saat membuat list, kami akan coba memaparkan beberapa bahan yang harus masuk ke dalam list Anda agar tidak lupa.

Bahan mentah untuk bangunan adalah sumber daya yang digunakan dalam pembangunan struktur bangunan seperti rumah, gedung, jembatan, dll. Ini mencakup berbagai jenis bahan seperti batu bata, batu, semen, kayu, besi, dan bahan lain yang dapat ditemukan di alam. Berikut daftarnya:

1.   Batu Bata

Batu bata adalah salah satu bahan mentah yang paling umum digunakan dalam pembangunan bangunan. Ini dibuat dari tanah liat dan dibakar pada suhu tinggi sehingga menjadi keras dan tahan lama. Batu bata digunakan untuk membangun dinding dan lantai, dan juga digunakan sebagai bahan dekorasi untuk menambah estetika bangunan.

Batu bata juga merupakan salah satu bahan atau material penting dalam proses pembuatan bangunan. Selain batu bata, juga ada material lain sebagai opsi lain seperti hebel.

2.   Batu

Batu merupakan bahan mentah yang dapat digunakan untuk membangun pondasi dan dinding bangunan. Ini bisa ditemukan dalam berbagai jenis dan ukuran, seperti batu kapur, batu granit, dan batu marmer. Batu juga digunakan sebagai bahan dekorasi untuk menambah nilai estetika bangunan.

Ada beberapa jenis batu yang umum digunakan mulai dari untuk beton, pondasi, dan lainnya. Ukurannya tergolong cukup beragam.

3.   Bahan Semen

Semen merupakan bahan mentah yang digunakan untuk membuat mortar dan beton. Ini terbuat dari tanah liat, pasir, batu kapur, dan unsur unsur lain yang dicampur bersama-sama dan diformulasikan untuk membentuk material yang kuat dan tahan lama. Semen digunakan untuk membangun pondasi, dinding, dan lantai bangunan.

Semen yang bagus yaitu jenis semen yang memiliki standar SNI. Karena jenis semen tersebut punya kualitas terjamin dan tahan lama.

Bahan Mentah untuk Bangunan

4.   Kayu

Kayu adalah bahan mentah yang sering digunakan dalam pembangunan bangunan untuk membangun struktur dan mebel. Kayu bisa ditemukan dalam berbagai jenis, seperti kayu jati, kayu meranti, dan kayu pinus. Kayu juga digunakan sebagai bahan dekorasi untuk menambah nilai estetika bangunan.

5.   Material Besi

Besi merupakan bahan mentah yang digunakan dalam pembangunan bangunan untuk membuat baja dan besi beton. Ini digunakan untuk membangun struktur bangunan seperti jembatan dan bangunan tinggi, dan juga digunakan untuk membuat tangga dan balustrad.

Besi juga biasa digunakan untuk beton rumah. Material ini juga tidak kalah penting yang harus Anda persiapkan.

6.   Pasir

Kualitas dan jenis pasir yang ada di pasaran kini sudah semakin beragam. Jenis pasir yang bagus dan paling direkomendasikan yaitu jenis pasir yang berstandar SNI yang tahan lama dan kuat untuk konstruksi bangunan.

Salah satu pasir terbaik bisa Anda temukan di Gerbang Watugunung Niaga (GWN). Selain itu, GWN juga menyediakan banyak pilihan ukuran batu.

Selain bahan-bahan di atas, ada bahan mentah untuk bangunan lain yang digunakan dalam pembangunan bangunan seperti alumunium, tembaga, dan plastik. Bahan-bahan ini digunakan untuk membuat komponen bangunan seperti pipa, kabel listrik, dan bahan dekorasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *