Fakultas yang mempelajari mengenai kesehatan atau farmasi merupakan salah satu jurusan perkuliahan yang saat ini menjadi pilihan yang banyak diambil oleh para calon mahasiswa. Beberapa hal yang mempengaruhi banyaknya mahasiswa yang memutuskan untuk kuliah jurusan farmasi ini salah satunya karena ketika sudah lulus nanti sarjana farmasi bisa mendapatkan kesempatan pekerjaan atau jenjang karir yang cukup menjanjikan.

Nah, jika Anda memilih untuk kuliah di jurusan farmasi, maka setelah lulus nanti Anda bisa bekerja atau berkarir di Rumah Sakit, menjadi Apoteker, bekerja di Laboratorium (industri farmasi dan kesehatan), atau bisa  juga bekerja di Laboratorium Klinik. Beberapa pekerjaan tersebut bisa Anda dapatkan setelah menyelesaikan pendidikan jurusan Farmasi.

Saat mengenyam pendidikan di jurusan farmasi, Anda akan mempelajari banyak hal yang erat hubungannya dengan pekerjaan-pekerjaan yang disebutkan diatas. Adapun beberapa contoh mata pelajaran yang bisa didapatkan yaitu Farmasetika Dasar, Farmasi Fisika, Kimia Organik, Biokimia, Kimia Analitik, Kimia Sintesis serta Farmakologi Dasar dan Toksikologi.

Keunggulan Kuliah di Jurusan Farmasi

kuliah jurusan farmasi
kuliah jurusan farmasi

Terdapat berbagai macam alasan mengapa jurusan kuliah yang satu ini sangat populer dan menjadi favorit bagi para calon mahasiswa. Salah satunya yaitu karena jurusan farmasi memiliki berbagai keunggulan yang dapat mempengaruhi masa depan para lulusannya. Adapun beberapa keunggulan yang bisa didapatkan oleh para sarjana farmasi diantaranya yaitu:

  • Mudah mendapatkan pekerjaan

Karena begitu banyak pilihan prodi yang bisa diambil di jurusan farmasi, maka ilmu dan keahlian yang bisa didapat pun bisa lebih luas sehingga setelah lulus nanti sarjana farmasi bisa mendapatkan kesempatan kerja di beberapa tempat akan baik itu di perusahaan pemerintahan ataupun swasta. 

Tak hanya itu, para lulusan farmasi ini juga bisa mendaftarkan diri sebagai CPNS maupun CASN sehingga memungkinkan untuk berjenjang karir di instansi pemerintahan.

  • Menjadi entrepreneur di bidang Apoteker

Selain bekerja di perusahaan, kuliah di jurusan farmasi dengan mengambil pilihan bidang Apoteker Anda bisa menjadi entrepreneur atau pengusaha di bidang apoteker sekaligus membuka lapangan kerja baru.

  • Mampu meracik dan mengetahui berbagai jenis obat-obatan

Dengan mempelajari berbagai ilmu mengenai kesehatan yang dipelajari di fakultas farmasi, maka setiap mahasiswa akan memiliki kemampuan dalam meracik dan mengetahui berbagai jenis obat-obatan di industri farmasi.

Dengan begitu, sarjana farmasi bisa memilih obat yang sesuai dan baik dikonsumsi sesuai kebutuhan.

  • Mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang menjanjikan

Dengan potensi dan keahlian yang terus diasah semasa kuliah, setiap lulusan fakultas farmasi akan mendapatkan kesempatan untuk bekerja di tempat yang memiliki jenjang karir yang baik dengan kompensasi gaji yang cukup menjanjikan.

  • Kebanggaan tersendiri

Pada dasarnya, selain berguna untuk diri sendiri, ilmu farmasi juga sangat berguna untuk membantu orang lain. Saat Anda bisa membantu orang lain, maka rasa bangga akan otomatis datang dengan sendirinya, bukan? Jadi saat berhasil masuk ke jurusan ini, pastikan dimanfaatkan sebaik mungkin, ya!

Itulah dia beberapa keunggulan yang bisa Anda manfaatkan setelah lulus nanti dengan kuliah jurusan farmasi. Nah, dari sekian banyaknya sekolah tinggi atau universitas yang menyediakan jurusan Farmasi, Anda bisa memilih Universitas Indonesia yang merupakan perguruan tinggi terbaik dan bertaraf internasional.

Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1849 ini merupakan salah satu kampus terbaik di tanah air dengan prestasi mentereng dan juga telah berhasil melahirkan lulusan-lulusan terbaik yang sukses menjadi tokoh-tokoh penting baik di dalam maupun luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *